Apa Yang Mempengaruhi Kecepatan Internet?

Apa Yang Mempengaruhi Kecepatan Internet?

Untuk menunjang kebutuhan internet, kita perlu internet rumah terbaik. Tahukah kamu, ada beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan internet?

Internet menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat di era digital seperti saat ini. Mulai dari sektor pendidikan hingga pekerjaan, internet menjadi hal primer, ini ditambah dengan pandemi covid-19 melanda di seluruh dunia. Untuk menunjang kebutuhan internet kebutuhan sehari-hari tadi, kita perlu memastikan memiliki internet rumah terbaik dan stabil. Dengan menggunakan koneksi stabil, kebutuhan untuk pekerjaan, pendidikan hingga hiburan dapat terpenuhi dengan baik. Tahukah kamu, ada beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan internet, apa saja?

Kapasitas Jaringan

Kapasitas jaringan merupakan faktor krusial yang mempengaruhi kecepatan internet. Penggunaan jaringan internet dengan jumlah yang besar secara bersamaan membuat penurunan dari kecepatan internet secara signifikan. Jika kamu berlangganan internet 50Mbps dan digunakan bersamaan oleh 10 orang, maka ini dapat menyebabkan penurunan kecepatan internet. Kamu perlu memastikan berlangganan internet sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan. Dengan mengetahui jumlah pengguan rutin, kamu dapat memutuskan untuk berlangganan paket internet dengan kecepatan yang dibutuhkan.

Jarak dari Router Wifi

Untuk mendapatkan internet melalui wifi dengan optimal, kamu harus memastikan jarak router dapat diakses diberbagai spot yang ada di rumah atau ruangan kamu. Pastikan bahwa titik router yang kamu gunakan dapat dijangkau dan jaraknya tidak begitu jauh dari lokasi yang sering digunakan. Jarak dapat mempengaruhi sinyal wifi, semakin jauh jaraknya, maka akan semakin berkurang kekuatan sinyal dan ini akan memperlambat koneksi internet kamu.

Perangkat Router atau Modem

Untuk mentransimisikan wifi, kamu memerlukan router atau modem yang memiliki kemampuan yang dapat memberikan hasil maksimal. Setiap modem atau router memiliki kualitas dan kapasitas yang berbeda untuk menstramisikan wifi. Pastikan saat berlangganan internet, khususnya internet rumah, kamu telah mendapatkan perangkat mumpuni untuk memaksimalkan kebutuhan jaringan wifi di rumah.

Aplikasi yang Digunakan

Aplikasi yang ada diperangkat kamu baik komputer/laptop maupun smartphone juga dapat mempengaruhi kecepatan internet. Setiap sistem operasi yang digunakan biasanya melakukan pembaruan berkala, ini juga memperbaiki beberapa aspek keaman dan aspek pendukung lainnya. Jika sistem operasi yang kamu gunakan sudah tidak terjaga dengan pembaruan, ini dapat menyebabkan penurunan kualitas dari fungsi yang ada, termasuk dalam hal ini adalah kecepatan internet yang kamu gunakan.

Perangkat yang Digunakan

Sama seperti sistem operasi, kamu juga harus memastikan bahwa perangkat yang kamu gunakan sudah memiliki spek yang cukup baik. Dengan memiliki perangkat dengan spek yang handal, pengalaman menggunakan dan internetan tentu akan menjadi lebih baik lagi. Pastikan hardware yang digunakan sudah memiliki kualitas yang bagus dan driver pada komputer telah dilakukan pembaruan berkala. Ini akan membantu perangkat yang digunakan lebih optimal untuk banyak pekerjaan, khususnya internetan.

Baca Juga: Praktis! Ini Cara Cek Kecepatan Internet di HP dan PC

Penyedia Internet yang Handal

Jika kamu sudah memaksimalkan poin-poin diatas, tetapi ternyata kecepatan internet kamu belum maksimal, ini bisa jadi karena penyedia internet yang kamu gunakan masih kurang handal dalam mendukung kebutuhan internetan kamu. Coba cari penyedia internet yang memiliki kehandalan dalam jaringan dan dengan harga yang tidak membuat kantong kamu keteetran tentunya. Kamu bisa coba penawaran internet yang handal melalui link ini. semoga mendapatkan solusi, ya!

Share :

You might also like :

Rekomendasi Drama dan Film yang Dibintangi Choi Woo Shik!
Drakor Misteri yang Menegangkan! Ini Fakta Menarik...
. . .