Praktis! Ini Cara Cek Kecepatan Internet di HP dan PC

Praktis! Ini Cara Cek Kecepatan Internet di HP dan PC

Bingung kenapa internet kamu lama banget? Cek kecepatan internet rumah kamu dengan solusi di artikel ini!

Penggunaan internet dalam kehidupan sehari-hari saat ini sudah menjadi hal penting. Internet sangat bermanfaat untuk mendukung aktivitas kamu sehari-hari dari hal pekerjaan, pendidikan, hiburan, dan masih banyak lagi. Penggunaan wifi ini juga sangat bermanfaat seperti kamu bisa lebih hemat biaya, meningkatkan produktivitas dan kemudahan dalam bekerja dari rumah juga. 

Saat ini juga sudah banyak rumah yang memakai WiFi dengan provider internet rumah. Penggunaan WiFi di dalam rumah ini dapat memberikan dampak positif dalam kehidupan sehari-hari didalam rumah. Salah satu hal yang dapat bisa mempengaruhi pengalaman internet adalah kecepatan internet rumah. Banyak faktornya, namun kamu bisa mengecek kecepatan internet kamu dahulu. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengecek kecepatan internet rumah yang kamu pakai. 

Speedtest

Alternatif yang bisa kamu gunakan pertama adalah dengan situs speedtest. Kamu bisa mengunjungi https://www.speedtest.net/ menggunakan koneksi internet perangkat yang kamu gunakan. Lalu klik “GO” dan setelah itu tunggu beberapa saat. Speedtest akan menampilkan kecepatan Ping, download hingga kecepatan upload dari provider internet kamu. Perangkat yang kamu gunakan dari tablet, laptop bisa memiliki kecepatan internet yang berbeda. 

Fast.com

Situs kedua yang bisa kamu coba untuk mengecek kecepatan internet kamu adalah Fast.com. Kamu bisa membuka situs https://fast.com/ menggunakan koneksi internet perangkat yang kamu gunakan. Tanpa perlu mengklik karena otomatis, kamu sudah bisa mengetahui kecepatan internet kamu. Jika kamu ingin lebih tahu detail seperti latency dan upload, kamu bisa klik “Show More Info”

Google Internet Speed Test

Situs ketiga yang bisa kamu coba adalah Google internet speed test. Kamu bisa mengakses situs https://fiber.google.com/speedtest/ dan klik “GO” dan setelah itu tunggu beberapa saat hingga tampilan berubah menampilkan kecepatan Ping, jitter, download hingga kecepatan upload dari provider internet kamu.

Meter.net

Alternatif ketiga yang bisa kamu coba adalah situs Meter.net. Buka situs https://www.meter.net/  dan klik “Start” setelah itu tunggu beberapa saat hingga tampilan berubah menampilkan kecepatan Ping, jitter, download hingga kecepatan upload dari provider internet kamu.

Baca Juga: Manfaat Memasang WiFi di Rumah! Banyak Banget!

Speed Smart

Alternatif kelima yang bisa kamu coba adalah https://speedsmart.net/ dan klik “Start Test” setelah itu tunggu beberapa saat hingga tampilan berubah menampilkan kecepatan Ping, jitter, download hingga kecepatan upload dari provider internet kamu.

Gimana? Mudah bukan! Kecepatan internet ini bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti jarak router, gangguan cuaca, sinyal dan lainnya. Tentunya internet yang lambat bisa mengganggu aktivitas kamu sehari-hari. Coba internet rumah dari First Media agar kamu bisa bebas internetan tanpa takut internet lama! Cek paket wifi murah dengan bebas akses ke OTT platform favoritmu seperti HBO GO, Viu dan lainnya sekarang juga!

Share :

You might also like :

Rekomendasi Anime Terbaik Karya Makoto Shinkai, Baru!
Drakor Misteri yang Menegangkan! Ini Fakta Menarik...
. . .