Mudah! Ini Cara Mengedit File PDF Secara Free

Mudah! Ini Cara Mengedit File PDF Secara Free

Ingin tahu cara mudah mengedit file PDF secara gratis? Artikel ini memberikan cara lengkap tentang cara mengedit file PDF.

Apakah kamu pernah membuka file word dalam format *.docx lalu kemudian saat ingin membuka nya di perangkat lain, file kamu jadi berantakan dan terjadi perubahan dalam hal format seperti spasi, font dan lainnya? Hal tersebut bisa terjadi karena versi microsoft atau perangkat yang berbeda. Untuk mencegah adanya perubahan tersebut, maka kamu bisa convert file tersebut ke dalam bentuk PDF. 

Namun bagaimana jika kamu harus melakukan perubahan pada file tersebut? Seperti menambah tulisan, gambar, tanda tangan, dan lainnya? Kamu bisa menggunakan adobe reader yang berbayar. Namun, jika kamu ingin yang gratis, kamu bisa manfaatkan situs di bawah untuk mengedit file PDF kamu: 

1. ​​​​PDF2Go

Sama seperti situs web sebelumnya, kamu juga bisa untuk mengakses langsung file PDF yang tersimpan di cloud drive milikmu. Selain itu, situs web ini menawarkan berbagai fitur pengeditan yang lebih lengkap. Tidak hanya memungkinkan kamu untuk menambahkan teks dan gambar, tetapi juga menyediakan fitur hapus. Dengan demikian, kamu dapat menghapus bagian-bagian tertentu yang dianggap tidak diperlukan.

File yang sudah diedit tersebut juga bisa dikirim langsung pada drive. Selain itu, kamu juga dapat mengunduhnya dalam format zip dan menghapus file tersebut secara otomatis setelah mengunduhnya.

2. SmallPDF

Proses pengeditan file PDF menggunakan situs web ini sangatlah sederhana. Kamu hanya perlu mengunggah file PDF yang ingin kamu ubah, kemudian kamu dapat dengan langsung memulai prose pengeditan begitu file tersebut muncul di layar komputermu. Ada beberapa modifikasi yang dapat kamu lakukan, seperti: 

  • Menyisipkan gambar
  • Menambahkan teks atau tulisan
  • Menggambar menggunakan fitur “pencil”
  • Menambahkan geometris (shapes)

Namun, ada batasan tertentu untuk penggunaan situs web ini yaitu hanya sebanyak 3 kali dalam satu hari. Apabila kamu menginginkan akses yang lebih, kamu bisa memperoleh langganan premium dengan membayar.

2. iLovePDF

Untuk menggunakan situs web ini pada dasarnya serupa dengan yang diatas, kamu hanya perlu mengunggah file PDF yang ingin diubah. Namun, kelebihannya adalah kamu memiliki opsi untuk mengakses langsung data dari google drive atau Dropbox. Setelah itu, kamu dapat memanfaatkan berbagai fasilitas pengeditan yang tersedia, seperti menambahkan gambar, teks dan lainnya. 

Yang membedakan situs web ini dari yang sebelumnya adalah adanya beberapa fitur berikut ini:

  • Kemampuan untuk membagikan tautan hasil file PDF yang telah diedit.
  • Dapat menyimpan hasil pengeditan secara langsung ke Google Drive atau Dropbox.
  • Adanya opsi penghapusan otomatis file PDF setelah 1 jam atau dapat dihapus secara manual.

Baca Juga: Cara Membuat Video menjadi HD di TikTok

Selain digunakan untuk mengedit file PDF, tiga situs web diatas juga menyediakan layanan konversi file ke format PDF, misal dari word ke PDF, Excel ke PDF dan lainnya. Untuk memastikan kelancaran dalam melakukan aktivitas pengeditan file PDF, penting untuk memastikan koneksi internet yang digunakan bisa cepat dan stabil. Terutama jika file PDF yang diubah berisi banyak gambar, hal ini tentunya akan membutuhkan internet cepat dan stabil. Jangan khawatir kuota kamu habis, karena First Media menawarkan paket internet unlimited yang #LebihKencangLebihBebas mulai dari 200Ribu-an saja.

Share :

You might also like :

5 Fakta Menarik The 1975 yang Segera Hadir di Jakarta!
Drakor Misteri yang Menegangkan! Ini Fakta Menarik...
. . .