Mengenal “Clubhouse”, Aplikasi Media Sosial yang Lagi Viral Karena Pengaruh Elon Musk

Mengenal “Clubhouse”, Aplikasi Media Sosial yang Lagi Viral Karena Pengaruh Elon Musk

Mengenal “Clubhouse”, Aplikasi Media Sosial yang Lagi Viral Karena Pengaruh Elon Musk

Sebelum viral, nama Clubhouse memang terasa sangat asing di telinga bukan? Tetapi setelah sang pendiri SpaceX dan Tesla, yakni Elon Musk yang menggelar diskusi daring melalui room aplikasi Clubhouse pada tanggal 2 Februari 2021 lalu, aplikasi ini ikut terkena “cipratan” pengaruhnya. Bagaimana tidak? Aplikasi yang telah meluncur sejak tahun 2020 ini awalnya hanya menggaet sekitar 3.500 pengguna saja, lalu kini jumlahnya melonjak ke angka lebih dari 2 juta pengguna aktif setelah dipopulerkan oleh CEO Tesla tersebut. Popularitasnya pun semakin melejit ketika beberapa tokoh elit dan publik figur seperti Mark Zuckerberg, Drake, Jared Leto, Oprah Winfrey, Ashton Kutcher, sampai Kevin Hart diketahui juga turut menggunakan aplikasi jejaring sosial satu ini. Maka jangan heran kalau Clubhouse sukses bertengger dalam jajaran trending topik media sosial di berbagai belahan dunia, salah satunya Twitter Indonesia. Lalu sebenarnya seperti apa sih aplikasi Clubhouse? Dan bagaimana penggunaannya? Yuk, kenali terlebih dulu melalui ulasan berikut ini!

Apa itu Aplikasi Clubhouse?

Clubhouse merupakan platform media sosial yang berbasis audio-chat. Dari segi penggunaannya, aplikasi ini memang terasa mirip seperti Zoom dan Podcast—bahkan disebut-sebut mirip tayangan TED Talks, namun lebih eksklusif karena disiarkan secara live oleh pengguna-pengguna tertentu tanpa adanya pengulangan atau siaran ulang. Jadi, pengguna bisa mendengarkan berbagai obrolan, ide, wawancara, atau diskusi antar tokoh-tokoh ternama yang sedang melakukan siaran langsung sesuai topik yang dipilih dan diminati. Kalau diskusi itu berakhir, maka percakapan pun otomatis juga akan selesai. Di dalam tiap room atau ruang siaran langsung, nantinya akan ada moderator, pembicara, serta pendengar. Para pendengar punbisa turutberpartisipasi dalam obrolan apabila mendapat persetujuan atau perizinan dari moderator. Dan siapa saja tokoh yang bisa menjadi pembicara dalam ruang obrolan? Tentunya para ahli, tokoh-tokoh besar nan inspiratif, selebriti, jurnalis, dan masih banyak lagi.

 

Mau Gabung ke Clubhouse? Tidak Bisa Sembarang Join Lho!

Tidak seperti media sosial lain yang dapat kamu unduh sendiri lalu bisa langsung daftar akun, aplikasi yang dikembangkan perusahaan Alpha Exploration ini tersedia eksklusif melalui undangan. Apabila kamu ingin menggunakannya, kamu harus mendapat undangan terlebih dulu dari pengguna yang telah memiliki akun Clubhouse. Undangan ini berbentuk link (tautan) yang dikirim langsung via SMS ke nomor telepon genggam kamu. Ketika kamu klik tautan tersebut, kamu akan diarahkan menuju toko aplikasi untuk mengunduh Clubhouse dan membuat akun baru. Setelah kamu memiliki akun, kamu bisa mengakses Clubhouse dan memilih topik obrolan sesuai minat yang telah tersedia dalam berbagai daftarroom, termasuk daftar partisipan yang terlibat di tiap room (ruangan) tersebut. Kamu juga bisa bebas keluar dari obrolan yang sedang berlangsung, dan masuk ke obrolan lain sesuai minat dan keinginan.

 

Siapa Saja yang Bisa Membuat Akun Clubhouse?

Sayangnya, saat ini Clubhouse hanya bisa dinikmati oleh para pengguna perangkat berbasis iOS saja. Itu pun hanya para tokoh publik yang bisa menggunakannya karena Clubhouse kini masih tersedia dalam versi BETA, dan masing-masing penggunanya hanya boleh mengundang maksimal dua orang saja untuk ikut bergabung. Namun, dilansir dari Business Insider, Paul Davidson selaku CEO Clubhouse sedang berupaya melakukan pengembangan untuk perangkat Android setelah melihat antusiasme publik terhadap aplikasinya ini.

 

Apakah Tetap Bisa Join ke Clubhouse Tanpa Undangan?

Sejatinya kamu tetap bisa mengunduh aplikasi Clubhouse di App Store secara manual, dan mendaftarkan nama kamu dalamwaiting list. Tetapi tetap tidak ada jaminan bahwa kamu bisa mendapatkan giliran untuk membuat akun sendiri tanpa bantuan undangan.

 


Nah, sekarang kamu pasti sudah mengenal aplikasi audio-chat yang sedang populer ini. Meski saat ini penggunaan Clubhouse masih terbatas, namun tampaknya Clubhouse akan segera menjadi hype ketika telah rilis bebas untuk semua kalangan nanti.Wah, kita tunggu saja, ya!

Share :

You might also like :

Rekomendasi 5 Film Netflix Terbaru Edisi Februari 2021, Wajib Tonton!
Drakor Misteri yang Menegangkan! Ini Fakta Menarik...
. . .