Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Bermain Media Sosial

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Bermain Media Sosial

Dampak dari penggunaan media sosial yang jarang dibahas dan diketahui.

Maraknya penggunaan media sosial membuat kita jarang memperhatikan etika ketika bermain media sosial. Hal ini dapat menimbulkan tindakan yang merugikan bagi kita karena didasari oleh UU ITE.

Apa itu media sosial?
Media sosial adalah teknologi berbasis komputer yang memfasilitasi berbagi ide, pemikiran, dan informasi melalui pembangunan jaringan dan komunitas virtual. Secara desain, media sosial berbasis Internet dan memberi pengguna komunikasi konten elektronik yang cepat. Konten mencakup informasi pribadi, dokumen, video, dan foto. Pengguna terlibat dengan media sosial melalui komputer, tablet, atau smartphone melalui perangkat lunak atau aplikasi berbasis web.

1. Menjaga Etika

Ketika kita ingin memberi suatu komentar pada postingan seseorang, hendaklah kita menjaga etika kita dengan cara menggunakan bahasa yang baik dan sopan, sehingga kita tidak menyakiti perasaan orang lain dan tidak menimbulkan kegaduhan di dunia maya.

2. Bijak

Bersikap secara bijak merupakan salah satu hal penting ketika bermain media sosial, karena dalam bermain media sosial jejak internet dapat terekam dan track record kita terlihat apalagi saat kita bekerja di suatu korporat. Biasa hal ini terjadi sebelum perekrutan oleh perusahaan melalui HR.
Sikap bijak dalam mengambil informasi yang ada di sosmed, Tidak semua informasi yang ada itu Nyata, dan banyak juga informasi yang HOAX atau palsu. Maka dari itu setiap menerima informasi harus mencari kebenaran dari  sumber yang sudah resmi kebenarannya.

3. Menjaga Privasi

Segala aktivitas yang dilakukan hendaknya di pilah agar privasi kita terjaga. Hal yang dihindari dari mengunggah postingan di sosial media, yaitu identitas kita seperti tanggal lahir, alamat rumah, nomor rekening dan hal yang bersifat rahasia agar data kita tidak disalahgunakan.


Sudah siap internetan, streaming dan nonton acara favorit? Pastikan kamu menggunakan jaringan internet dari First Media. Selain internet #BeneranTanpaBatas, First Media juga menawarkan TV kabel dengan lebih dari 200 Channel pilihan berkualitas HD hingga 4k! Cek area lokasi tempat tinggal kamu di sini dan berlangganan sekarang juga.

Share :

You might also like :

3 Rekomendasi Tayangan Bulan September 2021
Drakor Misteri yang Menegangkan! Ini Fakta Menarik...
. . .