Apa itu Ngabuburit Ramadhan? Ini Asal-Usulnya!

Apa itu Ngabuburit Ramadhan? Ini Asal-Usulnya!

Ingin tahu apa itu ngabuburit Ramadhan? Baca artikel ini untuk tahu tentang ngabuburit yang merupakan bagian penting dari tradisi puasa di Indonesia!

Bulan Maret ini umat Muslim seluruh dunia mulai memasuki bulan suci Ramadhan. Selama bulan ini, umat Muslim berpuasa dari fajar sampai maghrib. Di Indonesia banyak tradisi juga selama bulan suci Ramadhan, dari kegiatan sahur on the road, buka puasa bersama, berbagi takjil, Tadarus Al-Quran, malam takbiran, sampai ngabuburit. 

Pastinya kata-kata “Ngabuburit” sudah tidak terdengar asing di telinga kamu sebagai masyarakat Indonesia, namun kamu sudah tahu belum apa makna dan asal-usul dibalik kata “Ngabuburit”? Yuk simak artikel ini untuk tahu lebih detail tentang “Ngabuburit”! 

Apa itu Ngabuburit Ramadhan? 

Ngabuburit adalah sebuah kegiatan yang dilakukan menjelang waktu berbuka puasa. Seiring berjalannya waktu, ngabuburit menjadi tradisi di Indonesia untuk menggambarkan kegiatan yang dilakukan mencari selingan untuk mengalihkan rasa lapar dan haus. Ngabuburit biasanya dihabiskan dengan berburu makanan untuk berbuka puasa, seperti mencari takjil, kegiatan sosial, berbincang-bincang atau sekedar berkumpul bersama kerabat dan teman-teman. Kegiatan ngabuburit biasanya dilakukan setelah sholat ashar, di mana umat muslim akan menunggu waktu berbuka puasa sambil melakukan aktivitas bermanfaat dan menyenangkan. 

Bagaimana Asal Usul Ngabuburit?

Ternyata, ngabuburit bukanlah sebuah tradisi baru di Indonesia. Sejarah mencatat bahwa tradisi ini sudah ada sejak zaman Rasulullah SAW. Tradisi ngabuburit juga berkembang di Indonesia, dimana ngabuburit juga menjadi momen yang dinanti-nanti oleh anak-anak, remaja sampai orang dewasa yang berpuasa. Berdasarkan Kamus Bahasa Sunda, kata ngabuburit berasal dari kalimat ngalantung ngadagoan dan kata dasar burit yang artinya bersantai sambil menunggu waktu sore. 

Kegiatan Ngabuburit

Meskipun ngabuburit adalah kegiatan yang menyenangkan, kamu harus berhati-hati agar tetap sehat selama berpuasa. Jangan melakukan aktivitas fisik yang berat dan tetap jaga waktu tidur kamu selama berpuasa agar tubuhmu tetap fit selama berpuasa. Kamu juga jangan berlebihan dalam makan saat berbuka puasa serta makan dan minum secukupnya saja. Jika kamu bingung melakukan aktivitas apa selama ngabuburit, kamu juga bisa menunggu waktu berbuka sambil streaming pengajian di YouTube, bermain game, menonton film animasi, atau belajar online

Baca Juga: Penuh Inspirasi! Ini Rekomendasi Anime Studio Ghibli

Tapi jadi tidak menyenangkan apabila kuota internet kamu habis. Oleh karena itu, kamu bisa melakukan aktivitas seru dan bermanfaat menggunakan internet rumah dari First Media. Kamu juga bisa bebas streaming tanpa kuota dengan bonus VIU dan HBO GO! Yuk cek paket wifi  First Media sekarang! Dengan melakukan ngabuburit sehat dan bermanfaat, kamu tetap bisa menikmati momen berkesan selama bulan suci Ramadhan. 

Share :

You might also like :

5 Film Thriller Korea Terbaik yang Bikin Jantung Berdebar!
Drakor Misteri yang Menegangkan! Ini Fakta Menarik...
. . .