5 Jenis Makanan Untuk Tahan Lapar Saat Puasa! Tetap Bugar!

5 Jenis Makanan Untuk Tahan Lapar Saat Puasa! Tetap Bugar!

Atasi lapar yang berlebihan dengan makanan sehat dibawah ini! Agar selama berpuasa kamu tetap sehat dan bugar!

Pada bulan Maret ini seluruh umat muslim menjalankan ibadah puasa Ramadhan, dimana hal ini merupakan kewajiban bagi umat Muslim diseluruh dunia. Puasa Ramadhan adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh Muslim yang sudah memenuhi syarat. Saat puasa, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman selama beberapa jam. Hal ini adalah tantangan yang cukup besar terlebih lagi untuk kamu yang memiliki aktivitas atau pekerjaan yang padat sehari-hari. Oleh karena itu, sangat penting untuk bisa memilih makanan tepat saat sahur dan berbuka puasa sehingga bisa menjaga tubuh tetap bugar serta terhindar dari rasa lapar yang berlebihan selama menjalankan ibadah puasa. 

Oleh karena itu, kamu bisa simak artikel ini untuk tahu lebih lanjut beberapa makanan yang bisa membantu menahan lapar secara berlebihan: 

Karbohidrat Kompleks 

Kamu bisa mencoba makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi merah, kentang, roti gandum, oatmeal dan lainnya yang dapat membantu kamu menjaga kenyang dalam waktu yang lebih lama karena makanan tersebut membutuhkan waktu lama untuk dicerna. Dilansir situs Kemkes, karbohidrat kompleks bisa menjadi sumber penting bagi tubuh karena kandungan nutrisi didalamnya yang bisa menjadi sumber energi, mengatasi rasa lelah, dan mengendalikan berat badan. 

Protein

Kamu juga bisa mencoba berbagai makanan yang mengandung protein seperti daging, telur, ayam, ikan, brokoli, kacang-kacangan dan lainnya yang dapat membantu menjaga rasa kenyang kamu. Dilansir dari situs alodokter, protein ini juga dapat mendukung sistem kekebalan tubuh, sumber energi bagi tubuh, membentuk berbagai enzim dan hormon dan lainnya. 

Makanan yang Kaya Serat

Makanan yang bisa kamu coba juga bisa makanan yang kaya serat seperti, alpukat, wortel, Apel, Ubi Jalar dan lainnya yang bisa membantu kamu menahan lapar. Makanan yang kaya serat ini juga dapat membantu daya tahan tubuh agar lebih kuat. 

Sayuran Hijau

Dilansir dari situs Kemkes, sayuran hijau memiliki banyak manfaat seperti kaya akan vitamin A,C,K,B, kalium dan serat. Kamu juga mencoba mengkombinasikan makanan kamu dengan sayuran hijau seperti, bayam, kangkung, brokoli, dan lainnya agar tetap sehat saat beribadah puasa. 

Produk Susu

Makanan yang baik kamu konsumsi saat sahur adalah yang mengandung susu di dalamnya seperti susu sapi segar, yogurt, keju, susu skim, mentega yang mengandung banyak protein, fosfor kalsium, mineral, zat besi, lemak baik dan lainnya. 

Baca Juga: Apa itu Ngabuburit Ramadhan? Ini Asal-Usulnya!

Perlu diingat juga, kamu juga perlu istirahat yang cukup dan alihkan fokus dari rasa lelah dan lapar serta banyak minum air mineral, serta sibukkan diri kamu dengan hal bermanfaat di bulan suci ini, seperti menonton dan mendengarkan kajian ramadhan, pengajian dan lainnya. Dukung aktivitas bermanfaat kamu di bulan suci ini dengan internet rumah dari First Media. Kamu juga bisa bebas akses ke OTT platform seperti HBO GO dan Viu untuk menemani waktu ngabuburit kamu. Yuk cek paket wifi First Media sekarang juga!

Share :

You might also like :

Praktis! Ini Cara Cek Kecepatan Internet di HP dan PC
Drakor Misteri yang Menegangkan! Ini Fakta Menarik...
. . .