5 Manfaat Puasa Ramadhan yang Luar Biasa!

5 Manfaat Puasa Ramadhan yang Luar Biasa!

Temukan manfaat luar biasa dari berpuasa ramadhan yang akan membuat tubuh dan pikiran kamu lebih sehat dan juga banyak keuntungan lain yang bisa kamu simak!

Puasa Ramadhan adalah salah satu kewajiban umat Muslim diseluruh dunia. Puasa Ramadhan merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh Muslim yang telah memenuhi syarat. Puasa Ramadhan wajib dilakukan karena merupakan perintah langsung dari Allah SWT, sebagaimana tercantum dalam Al-Quran Surat Al-Baqarah ayat 183: 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

Dalam puasa ramadhan, seseorang menahan diri dari makan, minum dan segala bentuk perilaku yang dapat merusak kebaikan dan kebersihan jiwa dan raga. Puasa Ramadhan juga menjadi sarana untuk membentuk disiplin diri, meningkatkan kesadaran akan kebaikan serta menjaga kesehatan. Bukan hanya itu saja, banyak sekali manfaat puasa ramadhan, seperti detail artikel di bawah ini!

1. Menjaga Kesehatan Mental

Puasa Ramadhan dapat membantu kamu menjaga kesehatan mental. Selama berpuasa, kamu harus mengontrol emosi dan keinginan untuk makan dan minum. Kegiatan ini akan membantu kamu meningkatkan ketahanan mental dan mengurangi terjadinya risiko stres dan depresi. Berdasarkan Psychcentral.com beberapa peneliti percaya bahwa puasa dapat membantu mengurangi depresi.

2. Meningkatkan Ketahanan Tubuh

Puasa Ramadhan juga dapat membantu meningkatkan ketahanan tubuh terhadap penyakit dan infeksi. Selama puasa, tubuh akan menghasilkan lebih banyak sel imun untuk melawan penyakit dan infeksi. Tapi kamu harus tetap menjaga ketahanan tubuh ya meskipun puasa. 

3. Meningkatkan Konsentrasi

Puasa Ramadhan juga dapat membantu kamu meningkatkan konsentrasi dan fokus. Dengan menahan diri dari makan dan minum, tubuh punya waktu fokus pada aktivitas lainnya, seperti membaca Al-Qur’an atau berdoa. Hal ini akan membantu mengurangi stres dan meningkatkan kemampuan kognitif seperti konsentrasi, memori dan kreativitas. Kamu juga bisa menonton kajian ramadhan dan mendengarkan ayat suci Al-Quran dengan mendownload aplikasi menggunakan paket wifi dari First Media. 

4. Memperkuat Hubungan Sosial

Puasa Ramadhan juga dapat membantu memperkuat hubungan sosial dan persaudaraan kamu. Selama bulan puasa, umat Muslim biasanya mengadakan banyak kegiatan seperti, sahur bersama, buka puasa bersama, solat bersama, saling berbagi makanan dan bantuan kepada yang membutuhkan. Kamu juga akan semakin dekat dengan kerabat karena menjalankan ibadah bersama-sama.

5. Menumbuhkan Rasa Empati 

Puasa Ramadhan juga bisa membantu menumbuhkan rasa empati dan kesadaran sosial terhadap orang yang kurang beruntung diluar sana. Dengan menahan diri dari haus dan lapar, kamu dapat memahami rasa haus dan lapar, serta merasa terdorong untuk membantu berbagi. 

Puasa Ramadhan memiliki banyak manfaat baik secara kesehatan tubuh, mental hingga hal-hal yang dapat membantu nilai religius dan sosial. Namun bukan hanya itu saja, masih banyak manfaat dari puasa ramadhan yang bisa kamu dapatkan. Jika ingin tahu lebih dalam, kamu juga bisa mencari dan membaca manfaat puasa secara ilmiah berdasarkan riset. 

Gimana? Semoga bisa menambah pengetahuanmu ya! Di bulan ramadhan ini banyak aktivitas bermanfaat yang bisa kamu gunakan, seperti bisa menonton film bermanfaat dengan kerabat kamu sambil menunggu waktu berbuka, meonton kajian, membaca Al-Qur’an dan masih banyak lagi. Untuk melaksanakannya tanpa hambatan, kamu bisa menggunakan paket wifi dari First Media. Yuk pilih provider First Media dan langganan sesuai kebutuhan kamu dan keluarga sekarang! 

Share :

You might also like :

5 Hal Menarik Tentang Kota Bandung yang Buat Terpukau!
Drakor Misteri yang Menegangkan! Ini Fakta Menarik...
. . .