Apa Itu Router? dan Bagaimana Cara Memilih Router Terbaik

Apa Itu Router? dan Bagaimana Cara Memilih Router Terbaik

Simak penjelasan artikel dibawah ini dari pengertian router jenis router, cara kerja router hingga bagaimana cara memilih router saat mencari ISP terbaik.

Kamu pasti tidak asing dengan istilah router. Router adalah perangkat komunikasi antara internet dan perangkat yang ada dirumah kamu yang terhubung ke dalam suatu jaringan. Lebih gampangnya router seperti pengelola lalu lintas antara perangkat dan koneksi internet. Dengan router yang tepat kamu bisa menikmati internet cepat dan bisa melindungi perangkat yang ada di rumah dari serangan hackers. Untuk lebih lengkapnya lagi kamu bisa baca artikel di bawah ini sampai habis ya!

1. Cara Kerja Router

Di zaman modern seperti sekarang, setiap rumah pasti memiliki berbagai macam perangkat yang bisa terhubung ke koneksi internet, seperti komputer, tablet, ponsel, smart tv, perangkat gaming dan lain-lain. Router inilah yang berperan sebagai penghubung dua atau lebih jaringan dan mengelola lalu lintas antara jaringan dan meneruskan ke alamat IP, sehingga kamu serumah bisa menggunakan koneksi internet yang sama. Cara kerjanya dengan mengarahkan paket data ke alamat IP tujuan. 

2. Apa Saja Jenis Router

  • Wireless router (Router Nirkabel) menggunakan kabel untuk terhubung ke modem dengan menyebarkan data dan menyiarkannya menggunakan antena. Router ini membuat WLAN yang menghubungkan beberapa perangkat menggunakan komunikasi nirkabel dan menyediakan semua perangkat di jaringan rumah kamu dengan akses internet. 

  • Wired Routers terhubung langsung ke komputer melalui koneksi kabel seperti wireless router dengan menggunakan kabel yang terpisah untuk menghubungkan ke satu atau lebih perangkat dalam jaringan, membuat LAN dan menghubungkan perangkat ke dalam koneksi internet. 

3. Cara Memilih Router yang Bagus

Penyedia layanan internet atau internet service provider (ISP) pastinya akan memberikan kamu router atau modem dengan biaya yang bervariasi, sehingga kamu perlu memperhatikan hal berikut ini untuk memilih ISP yang tepat dengan kebutuhanmu. 

  • Performa WiFi

Teknologi selalu berubah dari waktu ke waktu, sehingga kamu harus menggunakan router yang memiliki teknologi terbaru. MU-MIMO adalah salah satu teknologi terbaru tersebut. Seperti Mu-mimo gigabit router yang disediakan oleh First Media dengan performa tinggi untuk memenuhi kebutuhan kamu dengan kecepatan wifi tinggi untuk HD streaming, gaming, dan koneksi multi perangkat, dilengkapi dengan teknologi dual band dan MU-MIMO yang memungkinkan banyak perangkat terhubung dengan kualitas wifi yang baik dalam waktu bersamaan. 

  • Jangkauan WiFi 

Jangkauan wifi dipengaruhi oleh jumlah perangkat yang terhubung dan juga sinyal tergantung jarak perangkat dan adanya penghalang seperti tembok, lemari, meja dan lain lain yang berpengaruh terhadap sinyal wifi kamu. Carilah wifi yang bisa menjangkau rumah kamu dan tentukan provider yang bisa mencukupi kebutuhan kamu.

Semua ini bisa kamu dapatkan jika kamu berlangganan internet cepat dan unlimited dari First Media yang sudah terjamin kualitasnya. Dapatkan promo internet rumah beneran tanpa batas sekarang juga. Kamu juga bisa dapat promo khusus kotamu seperti internet provider jakarta di sini dan masih banyak kota lainnya!

 

Share :

You might also like :

Cara Edit Video Online Gratis dan Tanpa Aplikasi
Drakor Misteri yang Menegangkan! Ini Fakta Menarik...
. . .