5 Skill Digital Marketing yang Berguna untuk Side Hustle!

5 Skill Digital Marketing yang Berguna untuk Side Hustle!

Digital marketing merupakan kemampuan yang akan dapat digunakan untuk menambah pemasukan melalui kerja sampingan dan lainnya

Di zaman yang serba digital seperti saat ini, semakin banyak hal yang dapat kamu pelajari untuk menambah jumlah pendapatan. Salah satunya adalah bidang digital marketing. Tidak hanya dibutuhkan hampir di seluruh aspek dalam sebuah bidang usaha, digital marketing juga memiliki berbagai macam skill yang akan sangat berguna bagi kamu untuk mencoba peruntukan entah dalam posisi full time, part time, atau bahkan freelance. Berikut beberapa skill digital marketing yang dapat kamu pelajari dan sangat berguna untuk side hustle.

1. Content Marketing

Merupakan salah satu channel digital marketing yang mana kamu dapat membuat dan membagikan konten yang bermanfaat bagi pembaca yang bertujuan untuk membuat mereka tertarik dan diharapkan agar dapat lebih mengikuti tentang produk perusahaan atau industri yang yang digeluti. Hal-hal yang termasuk content marketing adalah tulisan di blog, posting social media, video interaktif, infografis dan masih banyak lagi. Dalam content marketing kamu harus dapat membuat konten dengan kualitas tinggi yang akan memancing interaksi dengan audience dan terbentuknya kepercayaan.

2. Search Engine Optimization (SEO)

Merupakan sebuah proses dimana kamu mengoptimalkan website meliputi konten-konten yang ada didalamnya untuk mendapat peringkat yang lebih tinggi di dalam search engine results pages atau yang biasa dikenal dengan SERP. Ada beberapa hal yang harus kamu pahami jika ingin mengoptimalkan website yaitu:

  • On Page Optimization: Merupakan optimasi website yang dilakukan langsung di dalam website itu sendiri. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk dapat mengoptimasi bagian dalam website seperti melakukan keyword research untuk mencari keyword yang memiliki search volume yang tinggi, membuat konten dengan kualitas tinggi yang pastinya selain harus kreatif juga harus unik dan asli agar dapat mengundang interaksi audience, lalu bisa juga melengkapi berbagai tags dalam website seperti meta tags, header tags dan lain sebagainya.
  • Off Page Optimization: Mengacu pada aktivitas dan teknik yang dilakukan di luar website yang bertujuan untuk meningkatkan peringkat mesin pencarian google dan meningkatkan visibilitas online dari suatu website. Salah satu yang biasa dilakukan untuk meningkatkan kinerja off page adalah melakukan link building, yang mana merupakan kegiatan untuk mendapatkan backlink berkualitas tinggi dari situs web lain untuk memberi tanda ke mesin pencarian google bahwa sebuah website dapat dipercaya.
  • Technical SEO: mengacu pada pengoptimalan aspek teknis sebuah website untuk meningkatkan visibilitas mesin pencarian google dan performa website. Ini melibatkan aspek yang mana mesin pencari dapat dengan mudah mengakses, crawling, dan indexing konten dalam sebuah website. Hal yang bisa dioptimalkan dalam aspek ini adalah kecepatan website, mobile friendliness, struktur URL, canonicalization, dan lainnya.

3. Online advertising

Merupakan sebuah usaha untuk mempromosikan produk atau layanan melalui ranah digital. Ini mencakup berbagai bentuk iklan seperti search engine marketing (SEM), display advertising, iklan media sosial, email marketing, dan banyak lagi. Manfaat utama dari periklanan online adalah kemampuannya dalam menargetkan audiens tertentu. Pengiklanan online dapat menargetkan berbagai aspek data seperti demografi, lokasi, minat, perilaku, dan lainnya. Hal ini memungkinkan kamu untuk menargetkan iklan ke orang yang tepat pada waktu yang tepat. 

4. Social Media Marketing

Social media marketing merupakan penggunaan platform media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram untuk menjangkau audiens dan membuat kamu dengan audiens lebih dekat satu sama lain. Kunci keberhasilan dalam social media marketing adalah pembuatan konten yang menarik, membangun komunitas, dan menggunakan analitik media sosial untuk mengukur seberapa efektif usaha yang kamu lakukan di media sosial dan merencanakan langkah selanjutnya berdasarkan dengan data yang valid.

5. Graphic Design

Desain grafis merupakan sebuah proses pembuatan konten visual yang dapat digunakan untuk berbagai hal salah satunya untuk kampanye pemasaran. Kunci sukses dalam desain grafis adalah membiasakan diri kamu dengan berbagai tools design seperti Photoshop, illustrator dan lainnya mampu membuat grafik, gambar, dan video berkualitas tinggi serta otentik dengan kreatifitas yang tinggi agar audiens yang melihat konten visual tergerak untuk mengenal produk atau brand kamu secara lebih dalam.

Gimana? Sudah mulai bisa untuk mencari referensi belajar digital marketing yang bagus untuk kamu aplikasikan agar bisa dapat income tambahan kan! Pastinya masih banyak cara lain dari yang dapat membantu kamu dalam mempelajari berbagai macam skill baru, dan hal tersebut pastinya dapat kamu temukan di internet. tidak asik jika sedang serius mencari informasi secara online tiba-tiba internet lemot. Kamu bisa memakai promo pasang wifi rumah. Kamu juga bisa menikmati promo khusus kota kamu, seperti internet provider Jakarta dan masih banyak promo kota lainnya!

Share :

You might also like :

Euforia SEA Games, Kemana Target Kita?
Drakor Misteri yang Menegangkan! Ini Fakta Menarik...
. . .