5 Dosa Hokage Ketiga, Hiruzen Sarutobi!

5 Dosa Hokage Ketiga, Hiruzen Sarutobi!

Hiruzen Sarutobi merupakan salah satu yang paling memiliki kontroversi selama masa jabatannya sebagai Hokage Ketiga

Hiruzen Sarutobi merupakan salah satu sosok penting dalam anime Naruto, beliau memiliki jabatan sebagai Hokage ke 3. Hiruzen dikenal dengan sifatnya yang terkesan mengayomi seluruh masyarakat Konoha. Lalu kekuatannya juga sangat besar, yang mana salah satu buktinya adalah ia dapat menggunakan Kuchiyose Enma yang sekaligus menjadi tongkat bertarungnya, dan juga dapat menggunakan jurus terlarang yaitu Shiki Fuujin. Tetapi dibalik hal-hal baik yang terlihat dari Hiruzen, banyak hal janggal yang terjadi pada saat ia menjabat dan hal tersebut bisa dibilang merupakan dosa yang cukup besar. Berikut ulasannya.

1. Korupsi harta warisan Naruto Uzumaki

Naruto Uzumaki merupakan karakter utama dalam serial anime Naruto yang diceritakan bahwa ia dimusuhi oleh satu desa karena memiliki kekuatan yang sangat besar didalam tubuhnya yaitu kekuatan Kyubi. Tetapi banyak yang tidak mengetahui bahwa sebenarnya Naruto merupakan anak dari Hokage ke 4 yaitu Namikaze Minato yang merupakan pengganti dari Hiruzen. Pada saat hari kematian Minato dan Kushina, Hiruzen dimintai tolong untuk menjaga dan merawat Naruto. Namun yang terjadi malah sedari kecil Naruto dibiarkan hidup sendiri dengan uang seadanya dan tempat tinggal yang bisa dibilang tidak layak. Lalu gaji dan tabungan yang dimiliki Minato dari jabatannya sebagai Hokage dan berbagai misi tingkat tinggi yang ia lakukan selama menjadi ninja juga tidak diwariskan kepada Naruto. Hal ini menjadi suatu penanda bahwa terjadinya sebuah tindakan korupsi yang dilakukan oleh pemerintahan Hiruzen.

2. Memilih Danzo sebagai pemimpin dunia kegelapan

Danzo Shimura merupakan salah satu orang paling licik dalam serial anime Naruto yang mana ia dapat menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya. Diketahui bahwa Danzo merupakan teman dari Hiruzen di tim penjaga Hokage ke 2. Danzo menjabat sebagai pemimpin di dunia kegelapan Konoha cukup lama dan menjalankan pemerintahan yang otoriter serta sering membuat keputusan-keputusan yang merugikan Konoha. Hal tersebut dapat terjadi karena Hiruzen yang tidak tegas dalam menentukan pilihan pemimpin yang pantas.

3. Strategi ceroboh yang menyebabkan perang dunia shinobi ke 4

Mungkin sampai sekarang, banyak yang masih berfikir bahwa perang dunia shinobi ke 4 yang dimenangkan oleh Naruto berawal dari Obito yang kehilangan orang yang dicintainya yaitu Rin. Padahal jika ditarik lebih jauh lagi, pada perang dunia shinobi ke 3, hal tersebut bisa saja dicegah jika Hiruzen selaku hokage pada saat itu tidak memilih strategi yang tergesa-gesa untuk memblokade jalur jembatan Kannabi. Jembatan Kannabi sendiri diketahui merupakan salah satu jalur distribusi musuh, yang mana jika dihancurkan akan membuat kekacauan di kubu musuh itu. Strategi yang tergesa-gesa tersebut yang menyebabkan kematian palsu Obito dan memberikan kesempatan bagi Uchiha Madara untuk menjadikannya pion berharga yang akan memulai misi besar bernama “Tsuki no Me” atau Infinite Tsukuyomi.

4. Nepotisme demi kepentingan sendiri

Terpilihnya Minato Namikaze sebagai Hokage ke 4 menggantikan Hiruzen merupakan suatu keputusan yang bisa dibilang kontroversial. Hal tersebut disebabkan oleh pada saat terpilihnya Minato, umurnya masih teramat muda dan ia juga memiliki istri yang merupakan jinchuriki dari Kyubi, salah satu kekuatan yang sangat ditakuti oleh seluruh dunia. Dengan berbagai konsekuensi yang sangat besar tersebut, Hiruzen tetap memilih Minato untuk menggantikannya agar tidak kehilangan pengaruhnya di Konoha. Karena jika yang terpilih merupakan orang yang jauh darinya, apalagi jika Uchiha Fugaku yang merupakan ayah dari Uchiha Itachi dan Uchiha Sasuke. Hal ini terbukti ketika Minato tewas, Hiruzen kembali menjabat sebagai Hokage sampai ia tewas di tangan Orochimaru.

5. Alasan terjadinya kudeta klan Uchiha

Kisah pembantaian klan Uchiha yang dilakukan oleh salah satu Uchiha paling berbakat yakni Uchiha Itachi sudah sangat terkenal, untuk mengetahui kisah tragis Itachi kamu bisa baca artikel berikut. Pembantaian yang mengenaskan tersebut, merupakan ulah dari Hiruzen Sarutobi. Awal tragedi ini disebabkan oleh Hiruzen yang gagal memberikan solusi atas keresahan dari klan Uchiha yang menyebabkan Uchiha ingin melakukan kudeta terhadap kepemimpinan dari Hiruzen. Yang mana Hiruzen mengambil cara yang keji untuk menghentikan hal tersebut dengan memberikan tugas kepada Uchiha Itachi untuk membantai seluruh anggota klan tersebut. Karena hal tersebut, Itachi harus menanggung beban yang sangat berat.

Gimana? Jika menjadi pemimpin kelak, jangan sampai melakukan tindakan-tindakan diatas! Kamu sudah bisa menonton kelanjutan perjalanan anak dari Naruto Uzumaki yaitu Boruto Uzumaki di VIU dan platform streaming legal lainnya ya! Untuk pengalaman nonton yang maksimal, pastinya membutuhkan jaringan internet yang bagus. Kamu bisa mencoba paket internet termurah dengan kualitas terbaik beneran tanpa batas! Bukan hanya itu saja, ada juga promo khusus kota mu seperti pasang wifi murah Jakarta dan masih banyak promo lainnya yang bisa langsung kamu coba!

Share :

You might also like :

5 Takjil Paling Diminati di Bulan Ramadhan!
Drakor Misteri yang Menegangkan! Ini Fakta Menarik...
. . .