5 Cara Menjaga Keamanan Digital Demi Privasi Kamu!

5 Cara Menjaga Keamanan Digital Demi Privasi Kamu!

Privasi merupakan hak setiap orang yang harus dijaga. Tapi faktanya, melalui dunia digital, privasi tersebut sering tidak didapatkan

Semakin canggih sebuah teknologi maka akan semakin banyak pula hal yang dapat mengancam kehidupan. Itu sebabnya kamu harus tetap berhati-hati dimanapun kamu berada, tak terkecuali di dunia digital. Sekarang banyak terjadi kejahatan seperti pencurian data, uang dan sebagainya yang dilakukan secara online. Maka kamu harus lebih menjaga keamanan digital kamu demi kehidupan yang lebih tentram dan privasi lebih terjaga, berikut ulasan beberapa cara menjaga keamanan digital.

1. Gunakan  password yang sulit

Gunakan kata sandi yang kuat dan unik untuk semua akun online yang kamu miliki, dan diusahakan menghindari penggunaan kata sandi yang sama untuk banyak akun. Gunakan kombinasi huruf besar dan kecil, angka, dan simbol untuk membuat kata sandi Anda lebih sulit ditebak. Dan hindari juga untuk menggunakan tanggal seperti tanggal ulang tahun, pernikahan, dan sebagainya menjadi password kamu.

2. Nyalakan autentikasi dua faktor

Aktifkan autentikasi dua faktor (2FA) untuk akun online Anda. Dengan mengaktifkan fitur ini, kamu akan menambahkan lapisan keamanan ekstra dengan meminta kode atau pemberitahuan yang dikirimkan ke ponsel atau email kamu yang nantinya akan digunakan untuk memverifikasi apakah benar yang mengakses akun kamu adalah kamu sendiri atau orang yang kamu kehendaki.

3. Selalu perbarui software yang kamu gunakan

Selalu perbarui sistem operasi, browser, dan perangkat lunak lainnya. Hal ini disebabkan karena pembaruan yang kamu lakukan seringkali berisi tambalan fitur keamanan yang akan memperbaiki kerentanan dan melindungi dari ancaman baru yang belum ada keamanannya di versi sebelumnya.

4. Gunakan software antivirus

Gunakan perangkat lunak antivirus terkemuka dan selalu perbarui untuk melindungi dari malware, virus, dan ancaman online lainnya. Software antivirus sangat penting dalam perlindungan perangkat kamu, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan

5. Gunakan website yang aman

Gunakan situs web yang aman (dengan "https" di URL) untuk transaksi online dan hindari memasukkan informasi sensitif, seperti kata sandi, nomor kartu kredit, atau nomor jaminan sosial, di situs web yang tidak aman. Pastikan terlebih dahulu keamanan website yang kamu kunjungi, dan jika sudah ada keterangan bahwa website tidak aman maka jangan di akses.

Gimana? Sudah mulai bisa untuk meningkatkan keamanan digital kamu kan! Pastinya masih banyak cara lain dari yang dapat membantu kamu dalam mempelajari berbagai macam hal baru yang akan membantu kamu dalam menjalani hidup sehari-hari yang lebih baik, dan hal tersebut pastinya dapat kamu temukan di internet. tidak asik jika sedang serius mencari informasi secara online tiba-tiba internet lemot. Kamu bisa memakai promo pasang wifi rumah. Kamu juga bisa menikmati promo khusus kota kamu, seperti internet provider Jakarta dan masih banyak promo kota lainnya!

Share :

You might also like :

5 Kegunaan Linkedin yang Akan Bantu Bisnis dan Karir Kamu!
Drakor Misteri yang Menegangkan! Ini Fakta Menarik...
. . .