5 Cara Menghindari Kecanduan Gadget!

5 Cara Menghindari Kecanduan Gadget!

Gadget memang memiliki berbagai manfaat tetapi jika terlalu banyak digunakan akan menyebabkan kecanduan

Gadget memang memiliki kegunaan yang sangat banyak. Apalagi di zaman yang serba digital, segala sesuatu entah itu bermain, belajar, dan bekerja membutuhkan gadget canggih yang akan meningkatkan kemudahan dari apa yang kamu lakukan. Tetapi, jika terlalu banyak menggunakan gadget maka kamu akan mengalami kecanduan yang akan berdampak bagi berbagai aspek seperti kesehatan dan lainnya. Penggunaan gadget secukupnya sangat diperlukan agar apa yang kita lakukan dapat tetap berjalan tetapi tidak berdampak buruk bagi diri sendiri. Berikut ulasan tentang cara menghindari kecanduan gadget.

1. Hapus Aplikasi yang Tidak Berguna

Terkadang kamu menghabiskan banyak waktu dengan gadget bukan untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat seperti bekerja atau belajar. Banyak aplikasi yang hanya membuat kamu terpaku berjam-jam dengan gadget dan tidak membawa dampak positif bagi diri kamu. Mulai hapus aplikasi yang menurut kamu tidak berguna dan membuat kamu menghabiskan waktu secara cuma-cuma.

2. Carilah Informasi Digital Secukupnya

Terkadang kamu cenderung untuk menyerap segala informasi yang kamu temukan secara digital. Hal tersebut tanpa sadar membuat kamu tidak bisa jauh dari gadget karena ingin terus mendapatkan informasi yang sejatinya tidak terlalu bermanfaat bagi kamu. Buatlah jadwal untuk kamu mencari informasi menggunakan gadget, misal kamu meluangkan waktu 1-2 jam sehari untuk mencari informasi dengan gadget dan tentukan informasi apa yang hendak kamu cari. Dengan begitu, informasi yang kamu serap tidak akan melebar ke hal-hal yang kurang bermanfaat.

3. Matikan Notifikasi

Notifikasi sering kali menjadi sebuah pemicu kamu ingin selalu membuka gadget, entah itu notifikasi chat, media sosial, dan lainnya. Notifikasi gadget yang terlalu banyak akan membuat kamu kurang produktif. Cobalah untuk mematikan notifikasi, nyalakan mode pesawat, atau jauhkan gadget dari diri kamu.

4. Alihkan Perhatian ke Hal yang Lain

Banyak hal menarik yang bisa kamu lakukan tanpa gadget. Dengan mengalihkan perhatian ke hal lain akan membuat kamu jauh lebih produktif dan mendapatkan pengalaman yang lebih mengesankan. Kamu bisa mengganti kegiatan kamu saat bermain gadget dengan jalan mengitari sekeliling rumah, berkomunikasi dengan keluarga dan orang tersayang, atau mengistirahatkan diri kamu. Dengan begitu kamu bisa meningkatkan kesehatan, memperbaiki komunikasi dengan keluarga, dan mendapatkan ketenangan.

5. Gunakan Gadget dengan Tujuan Tertentu

Cobalah untuk menetapkan dari awal tentang apa yang kamu lakukan dengan gadget kamu, entah itu untuk belajar, bekerja, dan lainnya. Pastikan tujuan tersebut akan membawa dampak positif bagi diri kamu. Hindari mengambil gadget dan membuka hal-hal yang tidak berguna karena jika dilanjutkan maka hal tersebut akan menjadi tidak terkontrol dan akan sulit bagi kamu untuk meninggalkan gadget tersebut.

Gimana? Kapan kamu akan mulai menerapkan tips diatas? Tapi yang perlu kamu ketahui, gadget tidak selalu buruk. Ada banyak hal positif yang bisa kamu dapatkan seperti informasi, software yang mempermudah pekerjaan, dan memudahkan komunikasi. Hal-hal tersebut akan dapat kamu akses dengan lebih baik jika kamu menggunakan internet yang #LebihKencangLebihBebas. Kamu bisa memakai promo paket internet termurah. Kamu juga bisa menikmati promo khusus kota kamu, seperti pasang wifi murah Jakarta dan masih banyak promo kota lainnya!

Share :

You might also like :

Perluas Jangkauan, Ini Daftar Area Terbaru dari First Media!
Drakor Misteri yang Menegangkan! Ini Fakta Menarik...
. . .