4 Tips Cara Mengatasi Post Concert Depression

4 Tips Cara Mengatasi Post Concert Depression

Gagal move on dari konser artis favoritmu? Berikut tips cara mengatasi Post Concert Depression!

Photo Credit: twitter.com/NCTsmtown_DREAM

Sejak pertengahan 2022 yang lalu, Indonesia sudah semakin sering mengadakan berbagai konser musik, baik dari penyanyi Indonesia maupun juga penyanyi dari luar negeri. Bukan cuma konser, banyak juga acara festival yang dilakukan untuk menghibur rakyat Indonesia.

Deretan konser yang hadir dari penyanyi / idola favorit tentunya merupakan kebahagiaan tersendiri bagi para penggemar. Setelah lebih dari 2 tahun vakum kegiatan konser, para penggemar yang hanya terpuaskan oleh konser online maupun streaming lagu kini bisa bertemu langsung dengan idolanya.

Mulai dari konser Sheila On 7, Dewa 19, Raisa bahkan juga konser artis K-Pop seperti Super Junior, Seventeen, NCT 127, NCT Dream dan Blackpink. Tentunya kamu pasti sangat terpuaskan saat menonton konser-konser tersebut. Namun, tak jarang juga banyak yang mengalami Post Concert Depression.

Apa itu Post Concert Depression?

Perasaan ini muncul pasca menonton konser. Post Concert Depression (PCD) sendiri adalah sebuah perasaan hampa / duka ataupun kehilangan seusai kamu menonton konser dari idolamu. Kamu mulai uring-uringan untuk melaksanakan aktivitas lainnya, dan masih terbayang-bayang dengan perasaan bahagia ketika menonton konser.

Kamu tidak perlu khawatir, karena perasaan ini wajar. Ketika berada di acara konser / festival musik, tubuhnya sedang dimabuk dopamin karena perasaan bahagia yang dialami. Setelah konser berakhir, perasaan itu berubah menjadi depresi.

Cara Mengatasi Post Concert Depression

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi Post Concert Depression.

1. Bersyukur

Belajarnya bersyukur karena konser tersebut berjalan lancar, dan kamu bisa menikmati konser tersebut dengan baik. Bersyukur karena kamu diberikan kesempatan datang ke konser idola favoritmu.

2. Lakukan hal lain untuk mengalihkan perhatian

Salah satu cara untuk mengatasi PCD yaitu dengan melakukan aktivitas / hobi lainnya. Misalkan melukis atau pergi ke art exhibition. Lakukan juga aktivitas lainnya yang dapat mengalihkan perhatian kamu dari konser yang baru saja usai.

3. Belajar menerima dan kembali ke ‘realita’

Perasaan bahagia yang kamu rasakan itu sangat wajar. Apalagi kamu hanya bisa berkesempatan sekali setahun untuk bertemu dengan sang idola. Namun, yang harus kamu ingat adalah kamu punya kehidupan yang harus kamu jalani. Perlahan-lahan kembalilah menjalani aktivitas harian kamu. Tidak perlu terlalu keras ke diri sendiri. Lakukanlah dengan perlahan-lahan. Yang terutama ialah jangan sampai perasaan Post Concert Depression ini mengubah dan mengacaukan kehidupan pribadi kamu ya…

4. Menabung untuk konser selanjutnya

Konser artis idolamu mungkin bisa saja dilakukan sekali setahun. Alih-alih bersedih karena konser telah usai, cobalah untuk menabung lagi untuk konser berikutnya.

Bagaimana First People? Sudah berhasil move on dari konser yang terakhir kali kamu datangi? Jika perasaan Post Concert Depression ini semakin tidak wajar, segeralah minta bantuan profesional di sekitar kamu ya.

Dengarkan kembali lagu artis kesukaan kamu melalui berbagai platform musik kesayangan! Streaming juga konten / vlog mereka di kanal Youtube resmi ya. Streaming makin asyik tanpa buffering dengan internet #LebihKencangLebihBebas dari First Media. Khusus pelanggan baru, kamu bisa mendapatkan cashback hingga Rp. 2,4 juta dan harga khusus mulai dari Rp. 200Ribu-an. Langganan sekarang juga!

Share :

You might also like :

First Media Menjangkau Area-Area Terbaru!
Drakor Misteri yang Menegangkan! Ini Fakta Menarik...
. . .