Tips Buat CV Semakin Menarik agar Dilirik HRD

Tips Buat CV Semakin Menarik agar Dilirik HRD

Saat melamar kerja, first impression dari CV yang baik dan menarik adalah sebuah keharusan. Berikut beberapa tips agar CV kamu lebih menarik.

CV atau Curriculum Vitae adalah salah satu syarat dokumen yang harus dikumpulkan saat melamar pekerjaan. Bukan hanya melamar pekerjaan, CV juga biasanya digunakan saat mendaftar sebuah organisasi / kepanitiaan di kampus, sekolah, maupun berbagai acara volunteer. CV atau daftar riwayat hidup ini berisi informasi diri, daftar pendidikan dan juga pengalaman kerja dan berorganisasi. 

Saat melamar kerja, first impression dari CV yang baik dan menarik adalah sebuah keharusan. Berikut beberapa tips agar CV kamu lebih menarik:

1. Design yang Kreatif Namun Tidak Berlebihan

CV dengan desain yang kreatif akan lebih menarik perhatian. Kamu bisa menambah beberapa elemen warna yang soft dan tidak mencolok, ataupun menambah beberapa ornamen. Hindari menggunakan desain yang berlebihan. Poin terpenting adalah pesan dan isi dari CV tersebut dapat dibaca dengan jelas. 

Ada beberapa fitur di internet yang bisa kamu gunakan untuk template CV yang menarik. Salah satunya yaitu Canva. Selain itu juga, ada banyak tutorial di Youtube yang bisa kamu tonton dan praktikan!

2. Identitas Diri yang Seperlunya

Ada beberapa informasi penting yang harus kamu cantumkan dalam sebuah CV, seperti nama, kontak informasi e-mail maupun nomor telepon, kota tempat tinggal, tanggal dan tahun lahir. Selain itu juga, beberapa riwayat pendidikan tidak perlu kamu cantumkan seluruhnya. Cukup cantumkan riwayat pendidikan terakhir. Misalnya jika kamu lulusan SMA, maka cukup tulis nama SMA-mu. Jika kamu sudah mendapatkan gelar sarjana, kamu cukup menuliskan nama kampus tempat kamu berkuliah dan IPK yang kamu dapat.

3. Riwayat Pekerjaan yang Jelas

Jika kamu memiliki pengalaman kerja, kamu bisa mencantumkannya di CV. Tulislah nama kantor kamu pernah bekerja, disertai dengan posisi kamu saat itu. Cantumkan juga beberapa task list / detail pekerjaan yang kamu kerjakan saat berada di posisi tersebut. Hal ini akan membantu HRD menilai apakah kamu cocok dengan job description yang kamu ingin lamar.

4. Sertakan Skill, Pelatihan / Kursus yang Pernah Kamu Ikuti

Hal yang tidak boleh terlewatkan saat membuat CV yaitu daftar skill, pelatihan atau kursus yang kamu punya dan pernah kamu ikuti, termasuk skill bahasa kamu. Untuk pelatihan atau kursus, cantumkan juga nama kursus, tahun dan berapa lama pelatihan tersebut berlangsung.

Lakukan 4 tips di atas agar CV kamu semakin menarik dan peluang diterima kerja semakin besar. Good luck!

Internet yang #LebihKencangLebihBebas bisa membuat kamu bebas berselancar di berbagai website pencari kerja. Ikuti juga berbagai pelatihan / kursus daring secara gratis agar CV kamu semakin berkualitas. 

Share :

You might also like :

Internetan Lebih Bebas! First Media Menjangkau ke Area Baru!
Drakor Misteri yang Menegangkan! Ini Fakta Menarik...
. . .