5 Tips Menghadapi Deadline yang Ketat!

5 Tips Menghadapi Deadline yang Ketat!

Tips mengatur deadline yang ketat. Selain mengatur prioritas, to-do-list dan belajar katakan "tidak" juga termasuk loh!

Di dalam pekerjaan maupun perkuliahan atau sekolah, kita pasti menghadapi yang namanya deadline atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai tenggat waktu. Bahkan bukan hanya dalam perkerjaan/sekolah, dalam kehidupan sehari-hari pun ada beberapa hal yang membuat kita harus berhadapan dengan tenggat waktu atau deadline.

Terkadang tenggat waktu itu membuat kita menjadi tergesa-gesa dan tidak maksimal karena terbiasa untuk mengerjakannya secara terdesak. Berikut 5 Tips untuk mengatur Deadline yang ketat.

1. Buat Kalender Schedule atau to-do-list.

Buatlah daily - weekly - ataupun monthly kalender. Adanya kalender ini akan memudahkan kamu untuk mengatur jadwal sehingga semua pekerjaan bisa diselesaikan sesuai dengan tenggat waktu. Aturlah kapan kamu harus mengerjakan pekerjaan yang deadline-nya ada di minggu depan. Adanya kalender ini semakin memudahkan dan menuntun kamu, terlebih agar kamu tidak lupa semua task yang ada.

Jika kamu kesulitan mengatur jadwal di kalender, buatlah to-do-list. Pastikan tidak ada satupun pekerjaan/tugas yang terlewat.

2. Atur Skala Prioritas

Tentunya ada banyak hal yang bisa kita prediksi. Misalnya ada kejadian yang tidak terduga sehingga jadwalmu bergeser. Oleh karena itu, aturlah skala prioritas masing-masing task. Kamu bisa geser task yang tidak membutuhkan high priority.

3. Kerjakan dengan Disiplin dan Tekun

Tetapkan tekad pada dirimu sendiri untuk disiplin mengerjakan setiap task tersebut. Jika poin nomor satu dan kedua sudah kamu lakukan, langkah selanjutnya adalah meyakinkan dirimu untuk disiplin mengikuti setiap jadwal yang sudah diatur. Tekunlah mengerjakan setiap pekerjaan ataupun tugas yang ada, sehingga bisa selesai tepat waktunya.

4. Self Reward dan Cari Waktu Istirahat

Walau diterpa dengan deadline yang banyak dan ketat, ambillah 1 hari atau beberapa jam untuk beristirahat. Beristirahat bisa membuat pikiranmu tenang dan segar kembali untuk mengerjakan setiap pekerjaan yang ada. Pakai waktu ini untuk mengapresiasi diri sendiri dengan hal-hal yang kamu sukai, contohnya me time ke bioskop menonton film favorit, atau melukis, dan sebagainya. Ada banyak tayangan-tayangan menarik dari First Media yang bisa kamu dapatkan jika kamu berlangganan internet dan TV kabel First Media. Diskon hingga 30% untuk paket tayangan favorit-mu bisa kamu dapatkan melalui link ini.

5. Belajar mengatakan “Tidak”

Ingat, kamu bukan robot yang bisa mengerjakan semuanya secara cepat dan tepat. Jangan terlalu keras pada dirimu sendiri. Belajarlah mengatakan “tidak” jika kamu rasa kamu sudah mencapai limit maksimal. Abaikan perasaan tidak enak ketika kamu harus mengatakan “tidak”. Setiap orang punya limit yang berbeda. Tips ini mungkin hanya berlaku untuk para pekerja kantoran / freelancer. Jika kamu masih sekolah / kuliah, kamu juga bisa belajar mengatakan “tidak” kepada ajakan teman-teman untuk bepergian / hangout sehingga mengganggu waktu prioritas kamu dalam mengerjakan tugas.

Silakan coba kelima tips ini agar kamu bisa menghadapi berbagai deadline baik dalam pekerjaan maupun dalam belajar dan kehidupan sehari-hari. Hadapi deadline yang ketat dengan lebih produktif bersama internet yang lebih kencang. Pakai First Media untuk internet unlimited dan lebih kencang. Dapatkan promo cashback hingga Rp. 2,4juta di sini.

 

Share :

You might also like :

Fakta Menarik Dear David, Film Indonesia Terbaru di Netflix!
Drakor Misteri yang Menegangkan! Ini Fakta Menarik...
. . .