5 Cara Streaming Online Tanpa Buffering

5 Cara Streaming Online Tanpa Buffering

Pelajari tips untuk meningkatkan kualitas streaming video dengan mengatasi buffering yang mengganggu di sini!

Streaming video menjadi salah satu hiburan yang populer untuk menonton TV, film, konten di YouTube dan hiburan lainnya. Namun, pernahkah kamu mengalami buffering saat streaming film favorit kamu? Tentu hal ini merupakan hal yang mengganggu pengalamanmu saat menonton. Buffering terjadi ketika video berhenti sejenak untuk memuat data lebih lanjut. 

Namun jangan khawatir, kamu bisa simak tips untuk mengatasi buffering saat streaming hiburan favorit kamu di bawah ini: 

1. Periksa Kecepatan Internet

Kecepatan internet merupakan suatu faktor penting yang dapat menyebabkan buffering. Kamu harus periksa berapa kecepatan internet yang kamu pakai saat streaming. Pastikan kecepatan unduh dan unggah kamu mencukupi untuk streaming video dengan lancar. Jika kecepatan internet kamu tidak memadai, pertimbangkan untuk meng-upgrade paket internet yang sesuai dengan kebutuhan kamu sehari-hari.

2. Gunakan Koneksi Jaringan yang Stabil

Hal kedua yang perlu kamu pastikan adalah jaringan WiFi dan kabel yang stabil. Jika kamu menggunakan WiFi, periksa apakah sinyal tersebut kiat dan stabil di area tempat kamu streaming. Jika sinyal lemah, pertimbangkan untuk mendekatkan perangkat ke router WiFi atau mengubah posisi router wifi ke arah berbeda atau bahkan kamu perlu menggunakan perangkat penguat sinyal (range extender). 

3. Tutup Aplikasi yang Tidak Terpakai

Saat kamu membuka semua aplikasi, bahkan jika hanya di-minimize dan tidak aktif digunakan, aplikasi tersebut akan tetap mempengaruhi sistem. Terutama jika aplikasi tersebut membutuhkan koneksi internet, hal ini akan berdampak pada kecepatan internet yang sedang kamu gunakan. Sebaiknya, tutup semua aplikasi yang tidak aktif yang kamu tidak menggunakan agar sistem komputer dan koneksi internet dapat berfungsi secara optimal.

4. Kurangi Kualitas Video & Matikan Fitur Auto-Play

Hal yang bisa kamu coba selanjutnya adalah mengurangi kualitas video. Jika buffering terjadi cukup sering, kamu bisa mencoba cara ini. Beralih ke resolusi yang lebih rendah mungkin tidak sebaik yang kamu inginkan, namun ini dapat membantu menghindari buffering berulang-ulang. Kamu juga bisa mencoba untuk mematikan fitur Auto-Play yang secara otomatis memulai pemutaran video berikutnya. Mematikan fitur ii dapat menghindari buffering yang disebabkan oleh pemuatan video berikutnya saat kamu menonton. 

5. Pakai Internet Rumah

Kelebihan memakai internet rumah dengan WiFi adalah karena stabilitas koneksi yang ditawarkan. Jadi, daripada kamu mengalami gangguan akibat buffering saat melakukan streaming, lebih baik menggunakan layanan internet rumah dari First Media. Paket Stream dari First Media juga memberikan bebas akses ke OTT Platform dari Viu, HBO GO dan CinemaWorld. Jika kamu ingin menonton diluar rumah, kamu juga cukup memanfaatkan internet rumahmu untuk mengunduhnya dan menonton ulang acara tersebut tanpa khawatir buffering.

Baca Juga: Lebih Praktis dan Hemat! Ini 5 Manfaat Pasang WiFi di Rumah

Share :

You might also like :

Jadwal Lengkap Final NBA 2023
Drakor Misteri yang Menegangkan! Ini Fakta Menarik...
. . .